banner 728x250

Membangun Hospitality Labuan Bajo: Sarinah, InJourney Hospitality dan AP1 Bersinergi Tingkatkan Kualitas SDM Pariwisata Melalui Program InJourney Hospitality Program

Avatar photo
banner 120x600
banner 468x60

SD, Labuan Bajo – Melalui partisipasi aktif dalam program InJourney Hospitality House (IHH) di Labuan Bajo, PT Sarinah, PT Hotel Indonesia Natour (InJourney Hospitality) dan PT Angkasa Pura 1 (AP1) berkolaborasi memberikan program pelatihan yang bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat dan pelaku usaha di kawasan destinasi wisata.

InJourney Hospitality House (IHH) Labuan Bajo 2024 Batch I dihadiri oleh 61 peserta. Pelatihan ini diselenggarakan selama tiga hari dengan metode pembelajaran praktis dan teoritis dalam empat modul pelatihan yang mencakup: sikap diri yang benar dalam pelayanan, komunikasi dalam pelayanan (_hospitality communication_), kebersihan produk dan lingkungan, serta cara berpenampilan (_grooming & greeting_).

“Industri pariwisata Indonesia memiliki potensi besar, khususnya di kawasan destinasi wisata super prioritas seperti Labuan Bajo. Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata menjadi kunci penting. Program InJourney Hospitality House (IHH) merupakan salah satu wujud untuk mewujudkan hal tersebut. Program ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai _hospitality_ yang baik kepada masyarakat dan pelaku usaha di kawasan destinasi wisata,” jelas M Yaser Khalex, Corporate Secretary Group Head PT Sarinah dalam sambutannya.

Pada 2023, PT Sarinah telah sukses berkolaborasi dengan PT Hotel Indonesia Natour (InJourney Hospitality) dalam menyelenggarakan 12 batch program InJourney Hospitality House. Tahun ini, kolaborasi diperluas dengan melibatkan Angkasa Pura 1 (AP1), sehingga jangkauan program menjadi lebih luas.

“Kolaborasi ini mencerminkan komitmen kuat Sarinah sebagai bagian dari InJourney Group untuk mendukung pengembangan pariwisata Indonesia. Kami percaya bahwa dengan meningkatkan kualitas SDM pariwisata, kita dapat memberikan pengalaman terbaik bagi wisatawan dan meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di kancah internasional,” ujar Khalex.

Adianta Apriadi, Plt VP Corporate Secretary InJourney Hospitality “Pada Batch berikutnya atau bulan Juli 2024, Kami akan berkolaborasi kembali untuk melakukan IHH Labuan Bajo 2024 Batch 2 dengan konsep baru yang lebih menarik. Kolaborasi ini tidak hanya fokus pada peningkatan keterampilan, tetapi juga mendorong pengembangan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata. Kami yakin bahwa program ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat lokal di Labuan Bajo.”

Pejabat Pengganti Sementara (Pgs.) Vice President Corporate Secretary AP1 Yuyun Waryunaningsih mengatakan, IHH diharapkan dapat memberikan manfaat positif yang berkesinambungan bagi para peserta pelatihan.

“Melalui program ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas, kompetensi, dan skill bagi para peserta yang juga merupakan pelaku pariwisata secara berkesinambungan. Dengan demikian, akan dapat memberi dampak positif terhadap kualitas dari ekosistem pariwisata di Labuan Bajo yang juga merupakan salah satu dari lima DPSP di Indonesia,” ujar Yuyun.

-selesai-

*Tentang PT Sarinah:*
Sarinah merupakan perseroaan terbatas yang bergerak di bidang ritel, properti, dan perdagangan, serta berperan penting sebagai wadah para pelaku industri kreatif tanah air untuk menampilkan karya dan produk terbaik ke publik. Dengan mengusung slogan “Panggung Karya Indonesia,” Sarinah membuka akses bagi seluruh komunitas yang ingin mendalami dinamika dan keragaman industri kreatif nasional.

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut, harap menghubungi:
Sdr. M. Khalex Yaser Corporate Secretary Department Head – PT Sarinah
Ph. : 021-31923008 Ext: 490
Web : http://www.sarinah.co.id

*Tentang PT Hotel Indonesia Natour*
PT Hotel Indonesia Natour atau InJourney Hospitality sebagai member PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) merupakan salah satu pelopor industri jasa perhotelan bertaraf internasional di Indonesia. Dalam perkembangannya, InJourney Hospitality bertransformasi menjadi operator hotel yang saat ini telah mengelola 42 property yang terdiri dari 40 hotel, 1 convention center dan 1 lembaga pendidikan dan beberapa tahun kedepan pengelolaan hotel tersebut ditargetkan menjadi lebih dari 100 unit hotel milik BUMN. Selain hal tersebut, saat ini InJourney Hospitality juga dipercaya menjadi Badan usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang kesehatan di Sanur, Bali. Melalui berbagai lini bisnis tersebut, InJourney Hospitality berkomitmen kuat mewujudkan visi misi untuk senantiasa meningkatkan pariwisata Indonesia.

*Tentang Angkasa Pura 1:*
PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan pengelola bandara di Indonesia. Angkasa Pura I mengoperasikan 17 bandara—baik secara langsung maupun tidak langsung—di Indonesia, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, Bandara Sentani Jayapura, Bandara Hang Nadim Batam, dan Bandara Dhoho Kediri. Angkasa Pura I merupakan bagian dari Holding BUMN Aviasi Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau dikenal sebagai InJourney sebagai corporate brand, serta Subholding PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports. Informasi tentang Angkasa Pura I dapat dilihat di www.ap1.co.id.   (LI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *